Hogwarts

Hogwarts
draco dormiens nunquam titillandus

Jumat, 09 Desember 2011

PENGENALAN DASAR PEMROGRAMAN

I. Pengertian
Program adalah pernyataan yang disusun menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah yang disusun secara logis dan sistematis untuk menyelesaikan masalah.

Bahasa Pemrograman adalah prosedur penulisan program. Terdapat 3 faktor penting dalam bahasa pemrograman :
1. Sintaks adalah aturan penulisan bahasa tersebut (tata bahasanya).
2. Semantik adalah arti atau maksud yang terkandung didalam statement tersebut.
3. Kebenaran logika adalah berhubungan dengan benar tidaknya urutan statement.

Pemrograman adalah proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman.
Dalam pengolahan data memerlukan beberapa aspek- aspek dasar yaitu :
A. Brainware
Tenaga pelaksana yang menjalankan serta mengawasi pengoperasian sistem unit komputer didalam proses pengolahan data untuk menghasilkan suatu informasi yang tepat waktu, tepat guna dan akurat.
Contoh : Sistem Analis, Programmer, operator, Technical Support, dll.
B. Hardware
Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat keras komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia ( Brainware ).
Contoh : CPU, Monitor, Keyboard, Harddisk, Disk drive, dll.
C. Software
Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia ( Brainware ).

II. Bahasa Pemrograman Berdasarkan Perkembangan
A. Machine Language
Bahasa Pemrograman yang hanya dapat dimengerti oleh mesin ( komputer ) yang didalamnya terdapat CPU yang hanya mengenal 2 (dua) keadaaan yang berlawanan, yaitu :
- Bila tejadi kontak (ada arus) bernilai 1
- Bila kontak terputus (tidak ada arus) bernilai 0

B. Low Level Language (Bahasa tingkat rendah)
Karena susahnya bahasa mesin, maka dibuatlah simbol yang mudah diingat yang disebut dengan “Mnemonics” ( Pembantu untuk mengingat ).
Contohnya : A : Untuk kata Add (Menambahkan)
B : Untuk kata Substract (mengurangi ) Mov : Untuk kata Move ( Memindahkan )
Bahasa Pemrograman yang menerjemahkan Mnemonics disebut
Assembler.

C. Middle Level Language (Bahasa tingkat menengah)
Bahasa pemrograman yang menggunakan aturan- aturan gramatikal dalam penulisan pernyataan, mudah untuk dipahami dan memilik instruksi - instruksi tertentu yang dapat langsung diakses oleh komputer.
Contohnya adalah bahasa C.

D. High Level Language (Bahasa tingkat tinggi)
Bahasa Pemrograman yang dalam penulisan pernyataannya
mudah dipahami secara langsung. pemrograman ini terbagi menjadi 2 yaitu :
1. Procedure Oriented Language
a. Scientific
Bahasa
persoalan
Digunakan untuk Matematis/perhitungan
Misal : Algol, Fortran, Pascal, Basic
b. Bussines
Digunakan untuk memecahkan persoalan dalam bidang bisnis.
Misal : Cobol, PL/1.
2. Problem Oriented Language
Misal : RPG (Report Program Generator).

E. Object Oriented Language (Bahasa berorientasi obyek) Bahasa pemrograman yang berorientasi pada obyek. Bahasa pemrograman ini mengandung fungsi-fungsi untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan program tidak harus menulis secara detail semua pernyataannya, tetapi cukup memasukkan kriteria-kriteria yang dikehendaki saja
Contohnya : Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C , dll.

III. Kerangka Dasar Pemrograman




Tambahan :

Dalam membuat sebuah program, kita harus memakai teknik pemrograman, adapun teknik-teknik
pemrograman tersebut diantaranya adalah :

• Pemrograman Procedural
• Pemrograman functional
• Pemrograman Terstruktur
• Pemrograman berbasis modul
• Pemrograman Berorientasi Objek
• Pemrograman Generic
• Pemrograman Deklaratif

Kriteria Bahasa Pemrograman
Beberapa kriteria pemilihan sebuah bahasa pemrograman :
• Clarity, simplicity dan unity Kemudahan, kesederhanaan dan kesatuan merupakan suatu kombinasi yang membantu programer mengembangkan suatu algoritma.
• Orthogonality Merupakan suatu atribut yang dapat dikombinasikan dengan beragam fitur bahasa pemrograman sehingga setiap kombinasinya mempunyai arti dan dapat digunakan.
• Kewajaran untuk aplikasi Bahasa pemrograman harus mempunyai struktur data, operasi-operasi, struktur kontrol dan syntax yang tepat untuk memecahkan suatu masalah.
• Mendukung abstraksi Abstraksi merupakan suatu hal yang substansial bagi programer untuk membuat suatu solusi dari masalah yang dihadapi.
• Kemudahan untuk verifikasi program Dengan verifikasi data yang mudah, maka suatu program akan dengan mudah dibangun dan dikembangkan

Lingkungan Pemrograman
Lingkungan pemrograman dapat berarti editor yang digunakan, dokumentasi yang baik, fasilitas debugging,  user interface yang baik ataupun tools lain yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan progamer.
• Portabilitas program Kemudahan program untuk dipakai diberbagai jenis komputer.
• Biaya Penggunaan
a. Biaya eksekusi program
b. Biaya kompilasi program
c. Biaya penciptaan, testing dan penggunaan program
d. Biaya pemeliharaan program
Sumber: http://4by.webnode.com/news/pengenalan-dasar-pemrograman/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar